Membangun Suatu Usaha

10 Karakter Pemimpin Yang Harus Anda Tahu Dan Terapkan

Hasil survey dalam bisnis berskala kecil tahun 1991 menunjukkan bahwa 38% dari orang-orang yang meninggalkan pekerjaan nya di perusahaan lain karena mereka ingin menjadi bos atas perusahaan sendiri. Beberapa wirasuaha menggunakan kebebasannya untuk menyusun kehidupan dan perilaku kerja pribadnya secara fleksibel. Kenyataannya banyak wirausaha tidak mengutamakan fleksibiltas disatu sisi saja. Akan tetapi wirausaha menghargai kebebasan dalam karir kewirausahaan, seperti mengerjakan urusan mereka dengan cara sendiri, memungut laba sendiri dan mengatur jadwal sendiri.

Selain itu, dengan memiliki sikap bersahabat dapat menimbulkan kenyamanan dalam menjalankan tugas baik itu untuk chief sendiri maupun rekan kerja yang terkait didalamnya. Sehingga seorang chief harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dan harus memastikan pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh orang yang berkaitan dalam organisasi. Sebab cita-cita bukan hanya sekedar menyangkut keinginan, tapi juga penentu tujuan hidup.

Karakteristik dalam berwirausaha akan terwujud jika sikap keseharian dan komitmen dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan sepenuh hati. Kedisiplinan menjadi salah satu modal utama jika ingin memulai berwirausaha. Memiliki sifat disiplin dapat menggerakkan semangat dan motivasi untuk menjalankan pekerjaan usaha dan pekerjaan sesuai dengan target yang ingin dicapai. Memang betul kadang kala kita merasa terpuruk ketika mendapat kegagalan.

Sikap yang diperlukan untuk menjalankan usaha

Selain itu telah direalisasikan adanya kebijakan desentralisasi kewenangan melalui kebijakan otonomi daerah. Namun, sampai saat ini, pemahaman dan implementasi konsep demokrasi dan otonomi serta pentingnya peran pemimpin nasional masih belum memadai. Sifat kedaerahan yang kental dapat mengganggu proses demokrasi dan bahkan mengganggu persatuan nasional. Harus diakui bahwa banyak kemajuan yang telah dicapai bangsa Indonesia sejak lebih dari enam puluh tahun merdeka. Pembangunan fisik dimulai dari zaman orde lama, orde baru, orde reformasi hingga pasca reformasi terasa sangat pesat, termasuk pembangunan infrastruktur pendukung pembangunan yang mencapai tingkat kemajuan cukup berarti.

Orisinil tidak berarti baru sama sekali, tetapi produk tersebut mencerminkan hasil kombinasi baru atau reintegrasi dari komponen-komponen yang sudah ada, sehingga melahirkan sesuatu yang baru. Kedisiplinan terhadap komitmen akan kualitas pekerjaan dapat dibina dengan ketaatan wirausahawan akan komitmen tersebut. Dalam wirausahawan harus taat asa, hal tersebut akan dapat tercapai jika wirausahawan memiliki kedisplinan yang tinggi terhadap sistem kerja yang telah ditetapkan. Ketaatan wirausahawan akan kesepakatan-kesapakatan yang dibuatnya ialah contoh dari kedisiplinan akan kualitas pekerjaan dan sistem kerja. Dalam ketepatan yang dimaksud bersifat menyeluruh yaitu ketepatan terhadap waktu, kualitas pekerjaan, sistem kerja dan sebagainya. Ketepatan terhadap waktu, kualitas pekerjaan, sistem kerja dan sebagainya.

Seperti yang diketahui bareng menjelang hari raya khususnya hari raya idul fitri seluruh orang sibuk untuk melakukan pembelian sesuatu untuk dirinya atau juga keluarga. Peluang mendapatkan deviden besar dari jualan kue sebelum hari raya paling menjanjikan. Contoh usaha kecil ini dapat dilakukan siapapun tergolong karyawan kantor. Dan usahakan bila hendak bertransaksi atau memasarkan produk dapat dilakukan ketika istirahat atau selepas kembali kerja.

Keyakinan ini akan menular pada karyawan, pelanggan, pemegang saham, pemasok dan setiap orang yang berurusan dengan Anda. Jangan mengambil laba perusahaan dan menghabiskannya untuk mainan mahal agar mengesankan orang lain. Buatlah persiapan untuk segala kebutuhan tak terduga dan peluang bisnis baru yang muncul tiba-tiba. Ini berarti mendengar saran dan ide-ide bisnis baru tidak peduli seberapa gila itu semua. Fleksibilitas untuk perubahan yang cepat merupakan keunggulan yang dimiliki bisnis kecil melebihi bisnis besar.