Membangun Suatu Usaha

5 Sikap Pemimpin Perusahaan Ini Meningkatkan Penjualan Bisnis

Bagaimana caranya seorang pemimpin menghadapi bawahan yang seperti ini, dan bagaiman caranya agar bawahan seperti ini mau atau yakin akan bisa melaksanakan tugas yang diembannya? Kecerdasan emosi memegang peranan penting bagi seorang pemimpin dalam memahami kondisi riil organisasi dan lingkungan sekitar. Jika dalam melaksanakan tugas-tugasnya, seorang pemimpin menjadikan kecerdasan emosi sebagai salah satu instrumen kepemimpinannya, maka dapat dipastikan terbuka jalan kemudahan untuk mengarungi berbagai macam problema pengelolaan organisasi dan meraih sukses yang diharapkan.

Melalui proses pemungutan suara pada Sidang Umum MPR, Gus Dur pun terpilih menjadi Presiden RI dan Megawati Soekarnoputri sebagai wakilnya. Di antara usulan yang paling lengkap berasal dari Lajnah Sebelas Rembang yang diketuai KH M Cholil Bisri dan PWNU Jawa Barat. Dalam menyikapi usulan yang masuk dari masyarakat Nahdliyin, PBNU menanggapinya secara hati-hati.

Dalam proses menuju tujuan perlu perangkat sebagai penggerak yaitu terdiri dari kepemimpinan, manajemen dan organisasi. Peran pemimpin sangat penting dalam mencapai tujuan karena seorang pemimpin adalah “mercusuar” yang mengarahkan dan menggendalikan proses menuju tujuan. Seorang pemimpin juga harus “aware” melihat perubahan yang berdampak pada instansi atau lembaga yang dipimpinnya. Perubahan yang datang dari ekternal inside tersebut merupakan peluang untuk organisasi semakin berkembang.

Perlakuan terhadap manusia dalam Pancasila berarti menempatkan sekaligus memperlakukan setiap manusia Indonesia secara adil dan beradab. Nilai Ketuhanan yang maha Esa menunjukkan nilai bahwa negara mengakui dan melindungi kemajemukan agama di Indonesia. Negara mendorong warganya untuk membangun negara dan bangsa berdasarkan nilai-nilai ketuhanan.

Akan tetapi untuk menjadi pemimpin yang hebat tentunya jangan menanamkan sikap malu untuk mengakui kekurangan yang dimiliki. Karena sifat tersebut tidak akan disukai oleh karyawan dan juga tidak termasuk kategori pemimpin yang baik. Namun sebagai pemimpin sebaiknya selalu mengakui atas kesalahan yang telah diperbuat. Maka dari itu, persaingan yang ketat menjadikan seorang pemimpin merasa tertantang untuk bisa mendapatkan pengetahuan baru. Jika mendapatkan pengetahuan yang baru sebaiknya harus disaring terlebih dahulu berdasarkan akhlak dan kebijaksanaan yang dimiliki. Selanjutnya adalah seorang pemimpin harus terus belajar dan tidak merasa puas terhadap ilmu yang dimiliki.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Pemimpin yang berkarakter kuat, cerdas, disiplin, tegas, terbuka dan jujur adalah impian masyarakat kita semua. Hanya saja, kadang kala karakter yang dimilikinya bisa menjadi lenyap ketika dihadapkan pada kehidupan nyata di dunia pemerintahan bilamana kedudukan dan kekuasaan menjadi tujuan utama. Pemimpin berkarakter yang diharapkan oleh rakyat adalah pemimpin yang berani mengambil keputusan demi pembelaan terhadap nasib rakyat. Pemimpin yang memiliki semangat seperti itu yang harus diberi amanah sekaligus dukungan oleh rakyat. Untuk itu dibutuhkan sistem dan budaya politik yang sehat dan partisipatif. Dengan demikian orientasi organ-organ politik seharusnya mengacu pada kepentingan kesejahteraan rakyat sehingga tidak mendistorsi esensi demokrasi yang telah dipilih sebagai prinsip-prinsip penyelenggaraan negara, termasuk dalam memilih pemimpin.

Salah satu ciri pokok dalam negara hukum Pancasila ialah adanya jaminan terhadap kebebasan beragama . Mochtar Kusumaatdja berpendapat, asas ketuhanan mengamanatkan bahwa tidak boleh ada produk hukum nasional yang bertentangan dengan agama atau menolak atau bermusuhan dengan agama. Dalam proses penyusuan suatu peraturan perundang-undangan, nilai ketuhanan merupakan pertimbangan yang sifatnya permanem dan mutlak. Nilai yang terkandung dalam Pancasila bersifat universal, yang diperjuangkan oleh hampir semua bangsa-bangsa di dunia. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila memiliki daya tahan dan kemampuan untuk mengantisipasi perkembangan zaman. Nilai-nilai yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 merupakan wujud cita hukum Indonesia, yaitu Pancasila.

Untuk menindaklanjuti hal itu maka pada Muktamar NU di Magelang1939 ditetapkanlah prinsip-prinsip pengembangan sosial dan ekonomi yang tertuang dalam Mabadi Khaira Ummah, yaitu pertama, ash-shidqu tidak berdusta; kedua, al-wafa bil ‘ahd dan ketiga at-ta’awun (tolong-menolong). Sebagai kelanjutan usaha itu pada tahun 1940, Ketua HB NU KH Machfud Shiddiq penggagas mabadi ini berkunjung ke Jepang untuk melakukan kerja sama ekonomi. SBY juga memuji sikap kader-kader Partai Demokrat di daerah yang melakukan tindakan nyata dengan turun ke lapangan untuk membantu dan menolong rakyat. SBY juga berpandangan, Partai Demokrat kini memiliki visi dan komitmen untuk rakyat yang kuat dan jelas.

Maka sangatlah tepat jika sebagai orangtua kita mulai mengembangkan keterampilan kepemimpinan kepada anak kita, agar kelak mereka dapat menjadi pemimpin masyarakat dan bangsa dimasa depan2. Secara garis besar, pemimpin yang efektif adalah seseorang yang harus memiliki visi dan tujuan besar yang harus ia capai. Untuk mencapainya, ia dan tim harus membuat perencanaan implementasi sekreatif mungkin. Tidak hanya memperhatikan kemampuan yang ia miliki, pemimpin yang efektif juga harus dapat berkolaborasi dan bermanfaat dengan berbagai ragam sifat manusia di sekitarnya.