Membangun Suatu Usaha

7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut Beserta Cara Mengatasinya

Meskipun terlihat seperti investasi yang besar di awal, aplikasi untuk kasir ini justru jauh lebih murah daripada menggunakan cara konvensional yang terlihat lebih murah. Penyebabnya, cara konvensional ini mengakibatkan biaya berulang, seperti penyediaan nota pesanan, buku kas, uang lembur, dan seterusnya. Setelah restoran tutup, atau pada saat pergantian shift, kasir hanya perlu menekan beberapa tombol untuk merangkum laporan penjualan selama shiftnya, dan laporan itu akan terekam di dalam aplikasi.

Toh, tingkat keuntungan dan kemampuan balik modal bakal tergantung dari jenis produk dan mannequin bisnisnya. Misalnya, pemilik usaha Kepiting Nyinyir, Gilang Margi Nugroho bilang, tingkat keuntungannya dari berjualan menu seafood segar lumayan besar. Ini wajar, dengan mengusung konsep goes resto, usaha ini menghemat banyak ongkos tanpa harus menyewa lokasi gerai. Jika anda membuka usaha ikan bakar, coba lihat apakah penjual ikan yang terdekat bisa menjadi suplier tetap untuk jenis-jenis ikan yang anda berencana sajikan. Restoran besar mungkin memiliki modal untuk mengimpor bahan makanan eksklusif atau langka, namun restoran baru sebaiknya tidak nekat mencoba melakukan hal yang sama.

belajar untuk menjalankan usaha restoran

Pastikan untuk mendatangi ke dinas perizinan di masing masing daerah Anda untuk mengurus perizinan bisnis kuliner Anda. Apabila bisnis Anda sudah besar, maka jangan lupa untuk mengurus NPWP dan sertifikasi halal jika memang masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim menjadi target pasar utama Anda. Sebelum memulai usaha, sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu tentang menu yang beredar di pasar. Lalu, pilihlah menu yang belum banyak dijual di sana guna mengurangi tingkat persaingan. Namun pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen. Banyak cara untuk menutupi kekurangan modal, misalnya melalui mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau financial institution melalui penyaluran kredit usaha rakyat untuk pelaku UKM.

Pilihlah lokasi usaha yang banyak dikunjungi atau dilalui banyak orang. Ini menyiratkan bahwa Anda akan mendapatkan bisnis yang baik dan uang Anda dengan memperlakukan mereka dengan makanan dan layanan berkualitas. Latih karyawan restoran Anda untuk bersikap sopan sambil melayani pelanggan Anda.

Dengan bermodalkan kemampuan memasak dan meracik bumbu, mereka “nekat” membuka rumah makan dengan mengusung merek sendiri. Ada yang berhasil di tahun pertama, namun ada yang gagal hanya dalam waktu beberapa bulan. Ada yang stabil hingga lima tahun sejak beroperasi, namun bangkrut di tahun keenam. Ada yang mulus ketika masih hanya satu cabang, tapi ada juga yang merugi saat punya beberapa cabang. Padahal bisnis restoran sebagaimana bisnis lain pada umumnya tidak saja butuh keterampilan teknis, tapi juga kemampuan manajerial.