Membangun Suatu Usaha

9 Ideas Sukses Bagi Anda Yang Tertarik Buka Bisnis Makanan

Pelan-pelan Jo mengumpulkan modal untuk mendirikan bisnis kuliner yang menjadi impiannya. “Nanti persen dari modal yang saya siapkan juga untuk promosi, dalam bentuk spanduk, baliho, dan pamflet. Sedikit banyak saya sudah belajar bagaimana mengelola bisnis seperti ini. Minta doanya saja, semoga bisa terealisasi,” katan penyerang sayap kelahiran Jember, 23 November 1991 tersebut.

Menu Tentang Kami, menu ini berisi tentang informasi pembuat aplikasi. Menu Reset, menu ini digunakan untuk mrereset semua knowledge pada aplikasi ProKonterOne. Menu Laporan, menu ini digunakan untuk melihat dan mencetak hasil laporan transaksi yang sedang berlangsung pada restoran saat itu juga.

“Iklan itu akan terkoneksi dengan calon pembeli, timbul tanya jawab. Seiring berproses banyak tawaran-tawaran masuk untuk presentasi produk, jadi semakin terkoneksi sama pengusaha lain,” katanya. Ditanya mengenai kiat sukses, pria lulusan broadcasting ini tidak sungkan berbagi. “Asal punya konsep usaha original, yg berbeda, unik dan easy jika ingin dipasarkan. Pastikan juga legalitas usaha dan legalitas merek diurus dahulu baru yang lainnya.

belajar untuk menjalankan usaha restoran

Kombinasi hidangan dan suasana antara restoran dan kafe inilah yang saat ini banyak dibidik oleh pebisnis di bidang makanan untuk menggaet pelanggan lebih banyak. Meskipun memiliki banyak kelebihan, memulai bisnis foodcourt di mall juga tentunya memiliki risiko. Apabila Anda gagal memperoleh keuntungan, atau lokasi tidak mendukung Anda bisa terjebak dengan properti itu selamanya.

Setelah menentukan jenis menu, hal selanjutnya yang juga dibutuhkan oleh foodpreneur adalah riset pasar. Meskipun makanan yang kita jual terasa sangat lezat, hal tersebut tidaklah berarti apabila kita membuka restoran di tempat yang tidak sesuai. Hal ini pernah dialami oleh Chef Ang ketika ia menjalankan usaha di Bali. Restoran Chef Ang tidak banyak dikunjungi pelanggan karena ternyata, orang-orang di sekitar sana kebanyakan adalah vegetarian sehingga tidak mengonsumsi daging sapi. Hal ini kemudian membuat Chef Ang memutuskan untuk membuka Ang’s Grille di Bandung, kota kelahirannya.

Terutama untuk makanan yang memiliki masa konsumsi sangat singkat, sangat memerlukan penganggaran yang matang untuk menghindari makanan yang akan membusuk karena tidak terjual. Selain membuka outlet lain, langkah lainnya juga bisa dilakukan dengan sistem franchise agar usaha lebih mudah diperluas hingga lokasi di luar kota atau bahkan luar pulau. Saat ini, bisnis makanan sangat menjamur, dari yang berbentuk café, kedai, food terrace, bahkan restoran. Ketatnya persaingan saat ini memang menjadi salah satu alasan dilakukannya riset sebelum memulai suatu bisnis makanan. Memang benar jika salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu usaha adalah lokasi. Agar usaha bisa berjalan ke depan, menguntungkan, dan dapat dicari oleh para pelanggan lama dan baru syaratnya yaitu carilah lokasi yang strategis.

Baik untuk membantu menyiapkan makanan, untuk menjadi pelayan, kasir, cuci piring, dan sebagainya. Kalau Anda hanya ingin mendirikan sebuah warung makan, maka keberadaan tenaga tambahan tidak terlalu diperlukan. Hanya saja, akan lebih ringan bila Anda mempekerjakan satu atau dua orang. Ketika orang mengunjungi restoran Anda, hal pertama yang mereka temui adalah kartu menu restoran Anda. Kartu memiliki harga dan hidangan yang ditampilkan untuk pelanggan.

Dengan begitu, Anda akan terbantu dalam memonitor dan mengembangkan usaha rumah makan Anda di mana pun dan kapan pun dengan software akuntansi bisnis kuliner. Usaha kuliner merupakan salah satu bentuk bisnis yang terbilang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari dan menjadi kebutuhan setiap orang. Jangan malas dalam hal knowledge dan laporan saat menjalankan restoran.