Membangun Suatu Usaha

Ajarkan Sikap Toleransi Pada Anak Dengan Cara Ini

Berikan anak Anda kesempatan untuk mengenal teman-teman dari latar belakang budaya dan ekonomi yang berbeda. Ajarkanlah cara untuk menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ia temukan ketika bergaul. Dan sebagai siswa pun kita harus bisa menjaga sikap dan tindakan kita, serta tau akan etika dan sopan santun pada guru dan semua warga sekolah. Dengan perubahan perubahan kecil maka akan terbentuklah sifat dan kebiasaan, dan kebiasaan itu akan menjadi karakter yang baik untuk kita. Dengan semakin banyak mencontoh yang dilakukan orang tua dalam menyikapi dan memahami perbedaan, anak pun akan menjadi terbiasa.

Melatih sikap toleran kita

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Adaptasi dilakukan untuk menyesuaikan dengan tempat tinggal dan untuk melindungi diri dari musuh. Berdasarkan teks tersebut, dapat dilihat hampir semua hutan mangrove/bakau yang ada di pesisir Indonesia mengalami pengurangan luas lahan. Hal tersebut dapat dilihat dari teks yang membahas tentang pengurangan luas lahan. Indonesia tercatat sebagai negara penyumbang kehilangan hutan bakau/mangrove terluas di dunia. Nilai-nilai itu harus dimasukkan dalam sanubari bangsa sehingga Pancasila hidup dan berkembang di seluruh pelosok nusantara.

Dengan demikian setiap pemeluk agama harus mendapatkan perlakuan yang sama dalam masyarakat. Untuk memahami lebih dalam tentang toleransi, kamu bisa membaca rangkuman di bawah ini. KOMPAS.com – Sejatinya manusia dilahirkan berbeda-beda, mulai dari bentuk wajah, rambut hingga warna kulit.

Dengan adanya sikap toleransi, konflik dan perpecahan antarindividu maupun kelompok tidak akan terjadi. Hal tersebut penting untuk diperhatikan mengingat bangsa Indonesia mempunyai latar belakang perbedaan yang beragam. Di period digital yang bebas di media online banyak dijumpai tontonan-tontonan yang memperlihatkan berita hoak yang berbau SARA maupun sikap yang melanggar norma, merendahkan ras atau agama, serta perilaku buruk lainnya.

Yaqut mengajak antarumat beragama untuk saling melihat persamaan ketimbang perbedaan. Menurutnya, moderasi beragama harus menjadi komitmen bersama segenap warga bangsa. Angka literasi Indonesia sangatlah rendah karena minat baca masyarakatnya juga rendah.

Sikap berbicara yang baik tidak harus tersusun secara komprehensif, akan tetapi memberikan suatu makna khusus serta mengandung unsur positif. Maka dari itu, ajarilah anak didik kata-kata yang baik, bermakna, dan bermutu sehingga mereka terhindar dari kata-kata yang kotor. Sebaliknya, jika masyarakat di suatu negara tidak mengerti benar arti toleransi, maka yang terjadi hanyalah kerusuhan, pertikaian dan berbagai macam bencana baik ituyang berasal dari alam ataupun berncana karena ulah masyarakat tersebut.

Menghargai privasi orang lain, misalnya mengetuk pintu sebelum masuk kamar anggota keluarga lain, meminta izin sebelum meminjam barang. Orangtua ataupun guru dapat mengajak anak mengikuti kegiatan-kegiatan yang memberikan semangat untuk tumbuhnya rasa nasionalisme dan karakter kebangsaan. Berikan pemahaman bahwa dengan perbedaan dan keberagaman setiap orang bisa saling melengkapi. Kita sebagai umat Islam harus menghormati perayaan hari besar agama lain, tapi tidak boleh ikut serta dalam ibadah di tempat ibadahnya.

Tentunya disesuaikan dengan norma Kesopanan atau adat, yaitu yang bersumber dari masyarakat atau dari lingkungan masyarakat yang bersangkutan. Bergunjing adalah sikap tidak baik yang membicarakan orang lainTidak membicarakan keburukan orang lain tanpa alasan atau pembuktian. Berawal dari toleransi hingga menghasilkan bentuk menghargai pendapat orang lain. Bentuk menghargai pendapat itulah yang melahirkan kedamaian dan terjaganya keharmonisan. Selain itu, keanekaragaman unik dari budaya, menunjukkan betapa kayanya Nusantara ini. Setiap orang harus memandang sama rata dan menghargai latar belakang budaya lain.

Maksudnya, pesan yang disampaikan harus jelas, sehingga si penerima pesan dapat menerima dan mengulangi dengan benar. Untuk keperluan rekreatif dan keakraban hubungan di antara komunikator dan komunikan. Dilanjutkan dengan sesi KEAMANAN DIGITAL, oleh DEDY MULYANA, S.H., M.H . Dedy mengangkat tema “MENGANALISIS KASUS CYBERBULLYING DAN CARA MENGHENTIKANNYA”.

Tanggung jawab merupakan suatu kewajiban yang harus kamu lakukan pada apa yang sudah dibebankan kepada kamu. Sikap tanggung jawab tersebut dapat melatih kamu untuk dapat menjadi seorang yang memiliki disiplin dan bisa menghargai sebuah waktu yang ada. Dengan uanglah kamu bisa menentukan apa yang bisa anda lakukan serta kemana anda pergi. Belajar untuk mengatur keuangan merupakan hal yang wajib anda lakukan guna menjadi seorang yang memiliki tanggung jawab.