Membangun Suatu Usaha

Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kotawaringin Timur

Dewa Kuwera mengajarkan kepada seorang pemimpin agar selalu menyejahterakan masyarakat. Jadi seorang pemimpin harus memiliki wawasan yang luas seperti luasnya lautan dalam memimpin rakyatnya. Wawasan luas akan menjadi dasar bagi kearifan seorang pemimpin untuk menangani setiap permasalahan. Dewa Agni dimaksudkan bahwa seorang pemimpin harus mampu menggelorakan dan mengobarkan semangat masyarakat yang dipimpinnya untuk mencapai tujuan bersama. Nah, jika atasan menemukan bawahan yang seperti ini, maka atasan harus membuka komunikasi dua arah lebih intens atau istilah kerennya “participating” supaya yang bersangkutan mau menggunakan kemampuannya yang dimiliki.

Dalam rangka ini dikembangkanlah perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan. Untuk itu dikembangkan sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain. Nilai keadilan sosial mengamatkan bahwa semua warga negara mempunyai hak yang sama dan bahwa semua orang sama di hadapan hukum. Negara yang dikategorikan sebagai negara yang tidak memiliki konstitusi tertulis adalah Inggris dan Kanada.

Maka dari itu, kepentingan yang diutamakan bukanlah kepentingan pengusaha, parpol, maupun pribadi melainkan kepentingan rakyat,” tegasnya. Dalam pandangan Bagir Manan, kekuasaan kehakiman di Indonesia memiliki beberapa karakter yang harus dipahami oleh hakim sehingga dapat mewujudkan nilai keadilan sosial. Peradilan berfungsi menerapkan hukum, menegakkan hukum dan menegakkan keadilan berdasarkan Pancasila. Peradilan dilakukan dengan sederhana, cepat dan biaya ringan; segala bentuk campur tangan dari luar kekuasaan kehakiman dilarang. Pengadilan mengadili menurut hukum dengan tidak membeda-bedakan orang, tidak ada seorangpun dapat dihadapkan di depan pengadilan selain daripada yang ditentukan baginya oleh undang-undang.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Pemimpin semestinya mempraktikkan apa yang mereka ajarkan, dan menetapkan standar dengan adil. Kesemuanya ini dibutuhan untuk terwujudnya disiplin, ethical, dan pencapaian misi. Jadi dapat dipahami bahwa Integritas Seorang Pemimpin Adalah sikap atau sifat serta nilai-nilai yang memang harus dimiliki oleh seorang pemimpin guna untuk membangun kepercayaan antar individu dalam organisasi. Oleh karena ia dalam bersikap dan berperilaku tidak akan melepaskan diri dari hal-hal yang positif terutama dalam membuat suatu keputusan selalu berlandaskan pada asas adil dan objektif. Jadi dengan intergritas itu berarti ia memiliki manajemen intuitif untuk mengintergrasikan otak kanan dan kiri dengan hati sebagai keterampilan manajemen abad baru. Dalam period reformasi pembangunan bangsa saat ini disadari bahwa ketersediaan sumber daya alam dari suatu negara belum pasti menjamin bahwa negara itu akan menjadi kaya atau miskin.

Selain itu juga harus bersifat objektif, tanpa dibarengi kepentingan tertentu. Sifat bulan adalah mampu memberikan penerangan yang menyejukkan, artinya seorang pemimpin haruslah mampu memberikan kesejukan/kenyamanan bagi masyarakatnya sehingga masyarakat akan merasa tenteram di bawah kepimpinannya. Matahari adalah sumber energi yang utama dan terpenting bagi kehidupan di alam semesta ini, seorang pemimpin harus mampu memberikan kekuatan serta semangat bagi bawahannya. Seorang pemimpin harus selalu berada di tengah–tengah masyarakatnya agar selalu mengetahui segala hal yang terjadi serta kondisi masyarakatnya.

Kejujuran adalah standar moral paling tinggi yang berlaku di seluruh dunia. Hampir sebagian besar masalah dalam hubungan interpersonal bersumber pada ketidakjujuran. Namun, pemimpin etis punya integritas tinggi, dapat dipercaya, dan menginspirasi pengikutnya untuk bersikap sama.

Semakin kompleks sebuah sistem kehidupan masyarakat, semakin dibutuhkan kepemimpinan yang mampu beradaptasi dan mengatasi berbagai tantangan kompleksitas tersebut. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa persaingan di dunia bisnis saat ini sudah sangat ketat. Oleh karena itu, jika seseorang ingin sukses dalam memimpin perusahaan maka harus memiliki sebuah visi misi yang jelas untuk menyukseskannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara terus belajar dan mengikuti tren terbaru yang diminati oleh para konsumen.