Membangun Suatu Usaha

Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Dengan Uud 45

Maka kata wirausaha, dapat diartikan sebagai seorang yang melakukan sesuatu dengan segala kemampuannya untuk mencapai maksud tertentu. Hanya dengan merogoh kocek mulai 2000 rupiah, hingga 3500 rupiah, kita sudah dapat menikmati minuman menyegarkan yang dijual oleh kakek tersebut. Kakek berjualan minuman ini, untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga si kakek. Semua hal yang dilakukan secara complete, all out, dan tidak setengah-setengah pasti akan setara dengan hasilnya.

Sikap yang diperlukan untuk menjalankan usaha

Pendidikan kewirausahaan dirancang untuk menanamkan kompetensi, keterampilan dan nilai ? Nilai yang diperlukan dalam mengenali peluang bisnis, mengatur dan memulai usaha baru (Brown dalam Izedonmi & Okafor, 2010). Demikian pula, Lestari & Wijaya pendidikan kewirausahaan tidak hanya memberikan landasan teoritis mengenai konsep kewirausahaan tetapi membentuk sikap, perilaku, dan pola pikir seorang wirausahawan . [newline]Begitu juga dalam menjalani sebuah bisnis, tentunya sikap percaya diri ini sangat dibutuhkan bagi para pelaku usaha.

Tidak hanya itu saja, mereka juga benar-benar memperhitungkan segala sesuatunya sebelum mengambil risiko. Bahkan mungkin ada yang dari awal mereka memutuskan untuk menjalankan usahapun sebenarnya mereka sudah mendapatkan risiko atau uang dan waktunya. Ia mampu fokus pada usahanya dan mengesampingkan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan lingkup pekerjaan.

Empat kebebasan dasar, yaitu hak atas kebebasan berekspresi dan berkomunikasi, hak atas kebebasan berkumpul, hak atas kebebasan berorganisasi, dan hak untuk turut serta dalam pemerintahan. Menjadi kewajiban bagi orang tua untuk melihat dan mengawasi sikap dan perilaku remaja agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang membawanya ke dalam kenakalan remaja dan tindakan yang merugikan diri sendiri. Sikap penuh curiga, justru akan menciptakan jarak antara anak dan orang tua, serta kehilangan kesempatan untuk melakukan dialog terbuka dengan anak dan remaja. Demikian juga dipupuk sikap suka kerja keras dan sikap menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama. Kesemuanya itu dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. Indonesia sebagai negara hukum, berarti segala aspek kehidupan dalam bidang kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan termasuk pemerintahan harus berdasar atas hukum yang sesuai dengan sistem hukum nasional.

Setelah menguasai pengetahuan di bidang kewirausahaan, maka faktor keberhasilan wirausaha berikutnya tentu saja menerapkan pengetahuan tersebut. Sebelum terjun ke dunia bisnis, yuk cek apakah kamu memiliki 10 karakter untuk jadi entrepreneur sukses ini. Tapi untuk merealisasikannya, hal mendasar yang dibutuhkan adalah pemimpin yang baik, dari segi private maupun dari segi manajemen. Setiap orang bisa menjadi pemimpin, tapi butuh usaha ekstra untuk menjadi pemimpin yang baik. Ada beberapa sikap yang setidaknya wajib dimiliki seseorang untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Karena tak pernah ada panduan pasti yang benar-benar membuat kita sukses. Banyak hal yang harus dikerjakan dan Anda mau tak mau harus selalu berusaha beradaptasi dengan semuanya. Akan lebih baik Anda mempunyai mentor yang dapat membimbing Anda dalam menjalankan bisnis. Salah satu tolak ukur keberhasilan dalam menjalankan usaha, adalah mendapat laba bersih yang besar. Berarti, seorang wirausahawan harus menggunakan cara-cara yang baik dan benar untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Namun yang tidak boleh dilupakan, adalah pengelolaan keuntungan ini, pastinya adalah uang.

Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah. Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerja sama dengan bangsa lain.