Membangun Suatu Usaha

Informasi Pendidikan Arsip

Diharapkan setiap individu dapat mengenal diri mereka sepenuhnya sehingga mereka dapat menerima diri dengan penuh rasa syukur. Proses penerimaan diri terjadi melalui interaksi di dalam sebuah komunitas yang terpanggil untuk bertumbuh bersama mengarah kepada panggilan Tuhan sesuai dengan talenta yang dimiliki oleh setiap individu dalam komunitas. Kembali kami mengajak orangtua untuk berperan di dalam tumbuh kembang anak sehingga anak merasa dirinya dihargai dan dicintai.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Jika bullying dilakukan oleh seorang anak, dengan bantuan atau dukungan dari anak-anak lain, mereka semua juga harus menanggung konsekuensinya bersama, terutama agar mengetahui dampak perbuatan mereka kepada anak yang dibully, serta meminta maaf. Bicaralah dengan setiap anak yang terlibat dalam situasi ini secara terpisah. Hindari menyalahkan, mengkritik, atau meneriaki di depan wajah mereka. Diperbolehkan memberikan hukuman kepada anak apabila melanggar syariat atau aturan dan norma dalam rangka memberikan pemahaman. Ada kadar atau hisab yang diperhitungkan dalam memberikan hukuman. Junior High School and Senior High School telah terakreditasi A yang memiliki 2 program di dalam kurikulumnya yaitu National Program dan Cambridge Program (IGCSE & A-Level).

Saya harus mampu menjaga komunikasi yang baik dengan peserta didiknya. Karena peserta didik memiliki berbagai jenis karakter sehingga perlunya adaptasi antara guru dengan peserta didiknya. Dari hal tersebut saya dapat memahami karakter setiap siswa dan dapat mengetahui bagaimana cara menghadapinya. Seperti contoh seorang guru dalam menghadapi siswa yang terlalu pendiam dan terlalu aktif juga berbeda.

Pembinaan guru berarti serangkaian usaha bantuan kepada guru, terutama bantuan yang berujud layanan profesional yang diberikan oleh kepala sekolah, pemilik sekolah, pengawas dan pembina lainnya untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Ketiga Masyarakat, sebagai pagar sosial perilaku anak memiliki arti penting bagi pembentukan perilaku anak. Setiap orang dewasa hendaknya berperilaku positif yang dapat ditiru oleh anak. Orang dewasa yang buruk bukan hanya mereka yang berperilaku menyimpang, tapi juga mereka yang tidak meluruskan perilaku buruk anak-anak. Orang tua berhak penuh untuk mendisiplinkan anak namun masyarakat juga perlu mencontohkan perilaku positif.

Saya setuju dengan pendapat mbak Vila terutama pada langkah kelima karena peserta didik di usia tahun sangat membutuhkan dorongan motivasi dalam pencarian jati diri dan penguatan karakter mereka. Izin menanggapi pertanyaan mas Osza, sifat panik dan gelisah sangat manusiawi, sebagai pendekatan personal diperlukan komunikasi yang jujur antara murid dan guru. Sebagai guru tidak ada salahnya apabila kita memberitahu kondisi/perasaan kita ketika perkenalan maupun mengejar. Hal ini akan menimbulkan kekaraban karena murid paham bahwa guru sama halnya dengan murid mengalami problema yang sama, melalui komunikasi ini akan timbul kondisi “relatability”.

Semua kegiatan evaluasi dibuat dan merupakan kewenangan supervisor atau pengawas. Ijin menanggapi mbak Wahyu, semisal saya berada dalam kondisi tersebut yang akan saya lakukan adalah datang lebih pagi daripada peserta didik sekitar jam setengah 6 pagi untuk adaptasi ruang kelas. Izin menjawab pertanyaan dari mb Wahyu kalau memberi peringatan dengan cara kekerasan itu bukan termasuk dalam menghadapi murid yang sulit diatur, namun itu termasuk tindakan pelanggaran hukum dan menyalahi aturan. Untuk peringatan non verbal sendiri contoh sederhananya adalah gaya tuhu, lirikan mata, ekspresi wajah atau gerakan tangan namun tidak mengarah pada kekerasan. Saya setuju dengan mbak Haya, seorang guru dapat memberikan motivasi tersirat kepada peserta didik melalui obrolan santai , sharing pengalaman, maupun motivasi tersurat seperti quote .