Membangun Suatu Usaha

Perlukah Kekerasan Dalam Pendidikan

Tanggungjawab instruksional guru ialah berlangsungnya interaksi belajar mengajar. Guru harus mampu menciptakan situasi dan kondisi belajar yang kondusif. Rasulullah sangat memperhatikan urut-urutan pentahapan dalam penyampaian bahan materi. Pada materi dasar, beliau ajarkan pada penyampaian pada tahap awal.

Sebagai seorang recent graduate tentu perasaan panik tidak bisa di pungkiri. Banyak pertanyaan yang timbul bagimana saya akan memposisikan diri ketika mengajar. Pertama-tama kita adalah mahasiswa S1 Kependidikan yang dicetak untuk menjadi seorang guru kelak nantinya,jadi profesi guru bisa dikatakan profesi tujuan kita,tentu sebagai seorang insan yang ditempa menjadi wonderful instructor harus mampu mengatasi permasalahan dalam profesinya. Namun apabila masalah kurangnya kenyamanan minoritas murid ini terus berlanjut saya rasa perlu konseling mandiri satu per satu untuk mendiskusikan kendala, preferensi, sampai problema yang dihadapi anak-anak tersebut. Komuniikasi personal amat dibutuhkan terlebih bagi mereka yang sulit beradaptasi. Jika siswa tetap membandel dan melanggar aturan maka kita dapat memberikan hukuman atau skor.

Selain itu saya juga perlu bertanya dengan guru-guru senior yang telah menjadi wali kelas sebelumnya. Bertanya tentang apa yang dilakukan apabila menjadi wali kelas, bagaimana cara menyusun struktur organisasi kelas, bagaimana cara menentukan murid yang menjadi bagian dari struktur organisasi kelas, bertanya tentang apa saja tugas wali kelas dan lain sebagainya. Saya izin untuk menanggapi pak, jika saya yang berada di posisi tersebut yang saya rasakan pertama kalinya adalah nervous karena untuk pertama kalinya saya mulai mengajar dan beradaptasi di zona baru.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Penulis menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar Negeri 002 di Airmolek , menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Pertama 2 di Airmolek , menyelesai-kan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Serumpun Air Molek . Pada tahun 1997 memperoleh Ijazah Sarjana dari Universitas Riau Jurusan Administrasi Negara. Pada Oktober 2010 menyelesaikan Pendidikan Pascasarjana di Universitas Riau Konsentrasi Administrasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pada tahun 2013 mendapatkan tugas belajar untuk melanjutkan pendidikan Strata 3 di Universitas Negeri Jakarta pada Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia.

Metode pengajaran Rasulullah ini adalah dengan cara mendemonstrasikan sesuatu oleh beliau ketika hendak mengajarkan sesuatu. Dalam metode ini, cara yang beliau terapkan adalah dengan menunjukkan atau mendemonstrasikan sesuatu yang menjadi objek pembahasan ke hadapan peserta didik beliau. Dengan metode ini, dapat menarik perhatian peserta didik untuk lebih tergugah dalam memperhatikan apa yang sedang beliau ajarkan. Dan metode ini dapat lebih mempermudah peserta didik untuk memahami materi-materi yang sedang diajarkan oleh beliau. Agar materi-materi yang telah diberikan tidak cepat hilang dari ingatan para peserta didik, Nabi Muhammad saw sering kali mengulang-ulang materi-materi yang sudah beliau sampaikan.

Ketika berbicara mengenai proses belajar anak, hal yang paling terpenting adalah bagaimana peranan orang tua dalam mendampingi seorang anak dalam proses belajar, seperti yang kita ketahui bahwa orang tua memegang peranan yang amat penting untuk meningkatkan perkembangan dan prestasi anak. Tanpa dorongan dan motivasi orang tua, maka perkembangan prestasi belajar sang anak akan mengalami hambatan dan bahkan menurun. Direktur Pendidikan Karakter dan Education Consulting, Doni Koesoema A, mengatakan dari banyak teori psikologi perkembangan anak, terbukti bahwa anak yang didampingi orang tua di rumah akan cenderung lebih baik dalam proses pembelajarannya. Menurutnya, hal ini berhubungan dengan teori pendidikan dari tokoh zona of proximal improvement yang menyatakan bahwa anak akan lebih berkembang dalam proses pembelajaran ketika didampingi orang dewasa.

Orang tua dapat membimbing anak menyelesaikan PR jika anak memang butuh bimbingan ,namun kita sebagai orang tua harus mengecek setiap tugas yang anak kerjakan jadi ketika ada kesalahan ia bisa perbaiki, dengan begitu bisa meningkatkan prestasi anak. Sebagai guru baru perlu banyak belajar dengan guru senior karena dari jam kerja banyak dan lebih berpengalaman dalam menghadapi peserta didik karena kita menempatkan diri sebagai orang baru. Hal selanjutnya yang harus saya lakukan adalah mendekati lingkungan atau berbaur dengan guru senior dan para siswa sesuai etika, tentunya dengan tidak meninggalkan prinsip-prinsip dasar seperti dispilin, bertanggungjawab, sopan dan santun.

Staffing,merupakan pekerjaan manejer untuk mengisi jabatan yang tersedia dalam organisasi. Sementara itu, kinerja seorang manejer sangat dipengaruhi oleh kemampuan dari orang-orang yang membantunya. Oleh karena itu, manejer harus cermat dalam memilih orang untuk didudukkan dalam suatu jabatan agar dapat membantu mencapai tujuan organisasi. Hakikat dari semboyan yang pertama ini mengajak kepada guru, bahwa guru harus mampu memberikan contoh yang baik dan benar bagi siswanya, baik sikap, perbuatan maupun pola pikirnya.